Kamis, 29 September 2022

Bahaya Arus Bocor

Live Neutral Reverse artinya apa yah


Live Neutral Reverse hasil pembacaan RCD Test menunjukkan rangkaian listrik dalam rumah salah satu atau semua ada yg terpasang tidak tepat untuk fungsi hidup dan matikan listrik.

Idealnya switch akan memotong tegangan/fasa/api sedangkan Neutral/nol tetap terhubung. Tetapi adakalanya teknisi listrik saat pemasangan listrik rumah tidak perdulikan ini, dianggap sepele arus AC dua arah, sama aja polarity bolak balik. Padahal berbahaya. Live Neutral Reverse bisa terjadi di panel MCB, bisa juga terjadi di saklar on/off. 

RCD Live Neutra Reverse
RCD Live Neutral Reverse

Wiring diagram listrik rumah
Rangkaian Listrik Rumah


Akibatnya :
  • Keselamatan ; Saat sentuh peralatan seperti komputer, kulkas, kipas angin dll kita akan merasakan terkena strum. Saat mengganti lampu kita sudah switch off saklar atau turunkan MCB tetapi fitting masih ada tegangan. 
  • Kerusakan ; dalam jangka panjang terutama peralatan yang menggunakan battery, pcb (rangkaian kerja DC dengan input utama AC), lampu penerangan, dll akan cepat rusak (lifetime berkurang).
  • Kebakaran ; Jika kabel selalu mengalirkan tegangan misal pada lampu walau neutral tdk terpasang maka beban tetap terkirim, muncul panas, namun MCB tidak turun karena jauh dari pusat panas dan tidak ada short, akibatnya area lampu baik dari lampu atau kabelnya bs meleleh dan muncul api.
  • Listrik Boros ; arus bocor dianggap PLN ada peralatan yang di beri daya, walau semua saklar dan peralatan rumah tidak kita pakai namun meter listrik tetap berputar seperti ada pemakaian. Akibatnya tagihan listrik mahal, jadi kalau ini diselesaikan juga bisa menjadi cara hemat listrik.

Selain menggunakan RCD Test. Pengukuran arus bocor juga bisa dengan menggunakan testpen mengukur bagian Ground di colokan. Bisa juga menggunakan multitester dengan mengukur E-N (Earth/Grounding dan Neutral/Nol).

Salam Listrik Pintar
Jasa Grounding

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post