Senin, 03 Juni 2024

Standar Puil Pemasangan Stop Kontak

Cara Mencegah Polaritas Perangkat Elektronik


Pemasangan stop kontak juga memiliki standar atau ketetapan. Tujuannya untuk menghindari kegagalan fungsi pada perangkat elektronik yang berpengaruh pada polaritas.
Menurut PUIL 2011, Stop kontak terdiri dari Fasa, Netral dan Grounding.  Berikut penjelasannya :
  • Fasa adalah jalur kabel yang membawa arus listrik dari sumber, seperti PLN, menuju perangkat listrik. Berbeda dengan netral dan ground, fasa merupakan kabel yang memiliki tegangan. Kalian dapat mengidentifikasi kabel fasa dengan menggunakan testpen. Posisi di sebelah kiri. Warna kabel umumnya berwarna hitam atau coklat. 
  • Netral adalah kabel yang berperan sebagai jalur pengembalian arus listrik dari perangkat listrik kembali ke sumber. Berbeda dengan fasa, netral tidak memiliki tegangan. Kalian dapat mengidentifikasi netral dengan tidak ada cahaya atau tidak ada api yang muncul ketika diuji dengan testpen. Posisi di sebelah kanan. Warna kabel umumnya berwarna biru. 
  • Grounding, atau pembumian, adalah proses menghubungkan secara langsung dengan permukaan bumi. Kabel grounding berperan dalam melindungi perangkat listrik dan penggunanya dari lonjakan tegangan atau kebocoran listrik. Sama seperti netral, grounding tidak memiliki tegangan. Warna kabel grounding adalah hijau-kuning.
jasa grounding terbaik
Standar Puil untuk Stop Kontak


Hal ini penting untuk membedakannya dari kabel lain dan memastikan bahwa Fasa, Netral dan Grounding telah dipasang dengan benar. Posisi perlu ditentukan untuk beberapa perangkat elektronik yang bekerja terpengaruh polaritas, sedangkan perangkat yang bisa bekerja walau colokan kita bolak balik artinya tidak terpengaruh oleh polaritas. Grounding terdapat di stop kontak, sedangkan untuk penerangan lampu pada fitting hanya menggunakan fasa dan netral. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post